Tips Merawat Akuarium Air Laut

Memelihara ikan dalam akuarium air laut jauh lebih rumit ketimbang ikan akuarium air tawar. Salah urus sedikit ikan bisa mati, padahal harga ikan dan biaya pembuatan akuarium air laut jauh lebih mahal.

Bila Anda ingin akuarium air asin bisa bertahan ada beberapa yang mesti diketahui untuk merawat dan membersihkan akuarium. Menjaga di sini termasuk selalu berhati-hati memonitor kondisi akuarium. Berikut beberapa tips dari Animal Planet.

Soal Suhu. Pastikan temperatur dalam tanki selalu berada di antara 23 dan 28 derajat Celsius. Ikan air laut hidup di antara dua suhu tersebut.

Derajat keasinan. Pastikan jumlah garam yang larut dalam air sesuai. Skala ini dihitup dalam bagian 1.000 unit air. Derajat keasinan air laut sekitar 34 hingga 37 bagian per 1.000 unit air. Bila Anda tidak yakin, mintalah bantuan jasa pakar akuarium, sebab akuarium Anda harus sebisa mungkin mendekati ukuran terebut.

Anda bisa juga mengukur derajat keasinan akuarium dengan refraktometer atau hidrometer. Alat itu bisa dibeli di hampir setiap toko suplai kebutuhan hewan peliharaan atau toko khusus ikan hias.

PH atau derajat keasaman. Pastikan air dalam tanki memiliki tingkat pH yang sesuai. pH adalah ukuran jumlah asam atau alkali dalam air. Anda bisa mengukur derajat pH dengan garis berwarna dengan strip yang bisa dibeli juga di toko-toko hewan piaraan.

Berikutnya adalah cara membersihkan akuarium, yakni membersihkan air dan isi tanki setelah beberapa saat menjadi tempat tinggal para ikan. Ini yang perlu dilakukan.

Singkirkan material di dasar akuarium dari dan tempatkan ke dalam ember. Pastikan ember cukup besar sehingga material mengisi sepertiga wadah.

Guyur material dalam ember dengan air tawar, lalu aduk. Jangan gunakan tangan Anda karena kemungkinan ada benda tajam di pasir laut. Gunakan tongkat atau alat bantu.

Saat Anda mengaduk, akan muncul pasir yang mengambang, tumpahkan air berikut pasirnya dari ember. Lakukan terus beberapa kali hingga guyuran air yang bercampur material terlihat jernih.

Untuk mengeringkan, sebar material tadi di area datar. Ulangi proses itu hingga semua benda di dalam akuarium disingkirkan dan dibersihkan. Setelah itu bersihkan dinding kaca saat akuarium kering.

Isi lagi tanki dengan air laut. Cara ini adalah untuk pembersihan besar dan tak perlu kerap dilakukan bila Anda ingin membersihkan.

Intinya, bersihkan air akuarium ketika tidak terlihat jernih dan memiliki bau tidak sedap. Cukup sedot seperempat air di dalam tanki lalu ganti dengan air asin baru. (ROL/Tim/zamrudtv.com)

0 komentar:

Posting Komentar